Sabtu, 16 September 2017

Cara Membudidayakan Udang Vanamei Secara Intensif Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072541.jpg

1.Cara memelihara udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu nomor satu, pertama yang harus di sterilkan yakni Air terlebih dahulu. Tebarkan Yatop sebanyak 3 Liter/hektar ke area tambak dengan dikombinasikan air, usahakan penaburan dengan rata. Hal ini bertujuan agar air tidak tercampur bakteri, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton berkembang dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang betah dan senang berada di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan cepat. Lakukan ditiap 1 pekan sekali di tabur pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk menjaga ekosistem di wilayah tambak, merawat kesehatan udang lebih aktif, lincah dan jatah makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar ditiap 1 pekan sekali merupakan hal yang wajib, karena untuk mengatisipasi situasi kondisi alam ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar adalah 15 liter sampai panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang susah moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat subur ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang sehat moultingnya cepat tetapi jika udang susah moulting pasti ada sesuatu yang salah di area tambak. Masalahnya ini harus dicari. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang susah bahkan petani malas untuk mengeceknya. Rata-rata pembudidaya di Indonesia ingin hasil instan. Penyebab udang tidak moulting karena kondisi kulit udang yang mengeras. Solusinya yakni Taburkan yatop 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tabur ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat yatop itu sedikit perih jika terkena luka, rasa perihnya itu hanya dalam waktu sekian detik atau menit, apabila terkena kulit udang maka udang akan cepat berganti kulit. Seringkali udang akan ganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?Udang bisa stress

karena banyak faktor, diantaranya adalah kondisi di dasar tambak tidak seimbang, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang mengandung banyak protein tinggi. Ciri-cirinya adalah jika tutup botol di buka kemudian ditutup kembali maka proteinnya akan muncul ke atas berwarna putih. Jika udang stress/teller dan naik ke atas maka solusi tepatnya adalah taburkan Pupuk Yatop 3 liter/hektar lalu tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun maka taburkan lagi pupuk yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan sudah pulih dengan yatop maka Usahakan dilakukan penebaran pupuk yaotp 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 minggu sekali. Jangan sampai lewat satu pekan karena akan menyebabkan udang stress lagi.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus kembali ke alam. Pakai kotoran sapi, karena di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yg bermanfaat buat tanah dan dapat bertahan selama 3 bulan. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi selama 1 minggu, setiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Jika sudah 1 minggu tebarkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan sampai 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Kelebihan Pupuk Yatop Buat Udang Vaneme

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Indonesia. Keunggulannya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh yatop dalam waktu berkisar 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan juga pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin akan berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya turun ke bawah. Lama kelamaan air tersebut berasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang tercemar oleh limbah pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam 3 hari berubah warnanya. Makanya saya menyarankan sebelum udang dimasukan ke area tambak alangkah baiknya ditabur yatop dulu setelah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal tersebut telah terbukti dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH telah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan cepat.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan yatop merupakan sumber makanan untuk bakteri.

5. Lumut Sutera Akan Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat diobati dalam waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat terobati.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di tabur pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang itu hidupnya tak akan lama, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat peristiwa seperti itu maka solusinya Tebarkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang telah memakai yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari bahan kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

bakso mas asep

Popular Post

bakso mas asep
 
Back To Top