Senin, 20 November 2017

Tips Budidaya Udang Vanamei Secara Modern Menggunakan Pupuk Yatop Di

Cara Budidaya Udang Vanamei Secara Modern Memakai Pupuk Organik Yatop


1. Bagaimana merawat udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu penting, pertama yang wajib di sterilkan yaitu Air terlebih dulu. Taburlah Pupuk 3 Liter/hektar ke area tambak dengan dikombinasikan air, lakukan penaburan serata mungkin. Hal ini bertujuan biar air tidak tercampur bakteri, seimbang, plangkton dan phyto plankton tumbuh secara cepat selain itu juga kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang tidak cepat naik ke atas dan senang saat di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan tumbuh dengan cepat.


Usahakan setiap 1 minggu sekali di tabur yatop sebanyak 1 liter/hektar bertujuan untuk tetap menjaga ekosistem di area tambak, merawat kesehatan udang lebih aktif, lincah dan jatah makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar setiap 1 pekan sekali adalah hal yang wajib, dikarenakan untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang berubah-ubah. Kebutuhan yatop dalam 1 hektar berkisar 15 liter sampai masa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang cepat subur dicirikan dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun jika udang sulit moulting pasti ada hal yang salah di area tambak. Masalahnya ini harus dicari. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani enggan untuk mengeceknya. Rata-rata pembudidaya di Indonesia pengen hasil instan. Penyebab udang tidak moulting dikarenakan kondisi kulit udang yang mengeras. Solusinya yakni Taburkan pupuk yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tabur ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat yatop itu perih kalau kena luka, rasa perihnya itu dalam hitungan detik atau menit, apabila terkena kulit udang maka udang akan lebih cepat berganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit membutuhkan waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?



Udang bisa stress karena banyak penyebab, seperti misalnya adalah kondisi di area tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop adalah pupuk yang mengandung banyak protein tinggi. Cirinya adalah jika tutup botol sedikit di buka kemudian ditutup lagi maka proteinnya akan muncul ke permukaan berwarna keputih-putihan. Apabila udang stress/teller dan sering naik ke permukaan maka solusi tepatnya adalah menaburkan Yatop 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 hingga 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun maka tebarkan kembali pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tebar maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka Usahakan dilakukan penebaran pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu pekan dikarenakan akan menyebabkan udang stress lagi.


4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus kembali ke alam. Pakai kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi ada banyak mikroba yg bermanfaat untuk tanah dan bisa bertahan selama 3 bulan. Rumus pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, tiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Setelah 1 minggu tebarkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan hingga 5 hari jika timbul lumut sutera kemudian isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Keunggulan Pupuk Yatop Buat Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki sifat yang unik dan aneh di berbagai kota di Tanah Air. Keunggulannya adalah sebagai berikut :


1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu berkisar 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya akan turun ke bawah. Lama-lama air tersebut berasa seperti manis jambu air.


2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang tercemar oleh limbah pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam 3 hari berubah warnanya. Makanya kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke dalam tambak sebaiknya ditabur yatop dulu setelah 3 hari baru masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal ini sudah terbukti dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan cepat.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi pupuk yatop maka kondisi lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan pupuk merupakan sumber makanan bagi bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di taruh dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera baik untuk sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat sembuh.


7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang telah di tabur pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang itu hidupnya tidak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat peristiwa seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Pupuk yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang telah memakai yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

bakso mas asep

Popular Post

bakso mas asep
 
Back To Top